studiku

Misi Perbaikan Satelite Hubble Ditunda Hingga Februari Tahun 2009 (Hubble Satelite mission delayed until Februari 2009)

In Artikel on September 30, 2008 at 11:07 am

Studiku

Cape Canaveral, Florida. NASA mengumumkan, Senin, menunda misinya ke Hubble Space Telescope sampai tahun 2009 yang disebabkan oleh gangguna yang serius pada observatorium di orbit. Pesawat ulang-alik Atlantis yang dijadwalkan mengankasa pada dua minggu ke depan, dibatalkan karena kerusakan Hubble pada Sabtu malam ditandai dengan berhenti teleskop tersebut mengirim data ilmu pengetahuan.

 

NASA akan meluncur pada awal-awal tahun yang akan datang, yaitu sekitar bulan Februari. Ed Weiler mengatakan bahwa Program Hubble yang menelan dana sekitar $10 juta per bulan ini mengalami kerusakan sudah dua minggu yang lalu. NASA yang memiliki misi untuk menganti beberapa spare part Hubble untuk memperpanjang umur hidup satelite tersebut selama 5 hingga 10 tahun, ternyata untuk sementara gagal setelah misi ditunda.

 

Manager Hubble Preston Burch mengatakan bahwa langkah pertama mencoba memperbaiki teleskop dengan pindah ke saluran cadangan selama seminggu atau dua minggu. Sebagian besar spare part di satelit tersebut sudah tua yang terpasang pada tahun 2001 sehungga butuh untuk diganti. Proses pemindahan ke saluran cadangan akan sangat rumit, berbagai modul yang harus dialihkan sudah lama tidak dihidupkan, inilah yang manjadi persoalan utama.

 

Sebelumnya misi yang sedianya dilakukan Atlantis beserta tujuh orang kru akan menjadi misi yang kelima dan terakhir dalam proyek teleskop Hubble yang telah berumur 18 tahun. Sebelum masalah terakhir muncul, anggota kru Atlantis sedang bermaksud memasang dua alat pengamat yang baru yaitu Kamera Bidang Lebar 3 dan Cosmic Origins Spectrograph, kemudian dua kru yang lain akan memperbaiki Kamera untuk Survai, Angkasa Telescope Imaging Spectrograph, mengganti aki dan giroskop.

studiku